Pembuatan project untuk aplikasi game puzzle ini dilakukan dengan menggunakan NetBeans IDE 6.5.1 yang merupakan tool pemrograman untuk J2ME. Penulisan source code pada pembuatan aplikasi game puzzle ini dapat dilakukan dengan beragam editor teks, namun penulis memilih untuk mengunakan NetBeans IDE 6.5.1 sebagai teks editor yang digunakan dengan demikian maka file yang akan digunakan tersimpan dengan ekstensi .(dot) java dan disimpan didalam folder src pada folder project yang telah dibuat secara otomatis ketika kita membuat sebuah project.
Game Puzzle Kata ini terdiri dari 3 class, yaitu Midlet_puzzle_game.java, Pengaturan .java, dan Acak_puzzle.java. Dimana masing-masing class mempunyai fungsi yang berbeda.
Berikut ini merupakan penjelasan script-script utama yang digunakan pada aplikasi game puzzle ini.
Midlet_puzzle_game.java
MIDlet_puzzle_game yang merupakan bagian pertama yang akan dipanggil ketika aplikasi dijalankan. Pada bagian awal program dilakukan proses impor paket yang digunakan, terdapat dua paket yang diimpor, yakni paket midlet dan lcdui.
Pada MIDlet_puzzle_game yang merupakan bagian pertama yang dipanggil oleh aplikasi, didefinisikan pula siklus-siklus standar yang harus ada pada sebuah aplikasi J2ME, siklus-siklus tersebut adalah startApp(), pauseApp() dan destroyApp().
startApp() berfungsi ketika pertama kali aplikasi dijalankan, program akan mengerjakan statement-statement yang berada didalamnya, pauseApp() berfungsi ketika aplikasi sedang tidak dalam keadaan berjalan atau ketika aplikasi dihentikan sementara, dan fungsi dari destroyApp() berfungsi ketika aplikasi sedang dalam keadaan akan ditutup atau selesai.
Baris pertama dan kedua merupakan source code untuk mengimport java API dengan menggunakan perintah ”import” yang akan menurunkan package javax.microedition .
Baris ketiga merupakan deklarasi dari class yang digunakan yaitu class MIDlet_puzzle_game. Penggunaan kontrol akses public berarti class tersebut dapat diakses oleh siapa pun, baik code yang ada didalam class itu sendiri maupun yang berada diluar class.
Baris keempat merupakan bentuk deklarasi variabel dan objek, variabel yang dideklarasikan adalah variabel brur sedangkan objeknya adalah acak_puzzle. Variabel brur akan digunakan untuk memegang referensi ke objek acak_puzzle.
Baris kelima merupakan konstruktor yang memiliki kesamaan nama dengan nama class, konstruktor tersebut menggunakan alur public sehingga dapat diakses oleh siapa saja.
Baris ke-enam sampai dengan baris ke-dua belas merupakan deretan perintah utama yang digunakan untuk menjalankan game ini. Variable brur diberikan nilai berupa class acak puzzle yang akan dieksekusi oleh konstruktor yang ada. Penggunaan keyword ”this” dimaksudkan untuk menunjuk dimana methode tersebut berada. Ketika siklus startApp() dijalankan maka method Display.getDisplay yang ada didalam startApp() akan dieksekusi sehingga variabel brur akan memanggil class acak_puzzle untuk menampilkan bentuk utuh dari kata yang akan diacak.
Pengaturan.java
Pada bagian ini akan digunakan sebagai command pengaturan untuk aplikasi game puzzle yang dimainkan . Baris pertama merupakan source code yang digunakan untuk mengimport java API dengan menggunakan perintah import yang akan menurunkan package javax.microedition.lcdui.*; , penggunaan tanda * menyatakan bahwa semua class atau package yang bersangkutan dapat diimport.
Baris ke-dua merupakan pendeklarasian dari class yang akan digunakan agar aplikasi dapat merespon keinginan pengguna maka diimplementasikan Command Listener.
Baris ke-tiga sampai dengan baris ke-tiga puluh merupakan deklarasi dari variabel dan objek yang digunakan pada aplikasi game puzzle. Variabel yang dideklarasikan terdiri dari berbagai tipe data .
Baris ke-tiga puluh satu dan ke-tiga puluh dua merupakan bentuk deklarasi command OK dan deklarasi command CANCEL.
Variabel untuk command dideklarasikan pada baris ke-tiga puluh tiga sampai dengan baris ke-tiga puluh lima.
Baris ke-tiga puluh enam sampai dengan baris terakhir merupakan perintah-perintah penanganan validasi tombol.Berhubungan dengan validasi pilihan pada pengaturan dan menu utama. Urutan tombol dieksekusi berdasarkan urutan index posisi di menu.
Acak_puzzle.java
Acak puzzle merupakan class yang digunakan untuk pengacakan huruf-huruf dari game puzzle tersebut.yang juga berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan fungsi utama dalam game, meliputi penanganan logika permainan, eksekusi tombol dan juga grafis.
Dibagian awal sampai dengan baris ke-tiga merupakan perintah untuk mengimport java API, penggunaan utilitas random dimaksudkan untuk mengacak huruf-huruf yang akan ditampilkan. Baris ke-empat merupakan deklarasi dari class acak_puzzle.
Pada baris ke-lima sampai dengan baris ke-tiga puluh dua merupakan deklarasi variabel, command dan objek yang digunakan pada class tersebut.
Baris ke-tiga puluh tiga merupakan deklarasi dari class suka_suka, baris ke-tiga puluh empat sampai dengan baris ke-seratus empat puluh empat adalah pendeklarasian untuk variabel, objek dan command yang digunakan pada class suka_suka.
Baris ke-seratus empat puluh lima merupakan konstruktor. Baris ke-seratus empat puluh enam sampai dengan baris terakhir merupakan perintah-perintah yang berhubungan dengan fungsi utama dalam game. Meliputi penanganan logika permainan, eksekusi tombol dan grafis.
Link untuk download Game Puzzle Kata
DOWNLOAD DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar